Jumat, 15 Maret 2013

ENAM SIKAP PEMENANG

dibawah ini ada 6 sikap yang harus kita lakukan ketika kita ingin menjadi seorang pemenang dalam hidup, tidak ada satu orang pun yang tidak ingin menang, contoh kecil yaitu dalam ajang perlombaan, menjadi juara kelas, atau pun menjadi pemenang dalam berbisnis, bahkan menjadi pemenang untuk merebut hati si dia :)

1. hukum positif
Tiga langkah menuju sikap yang positif

Berpikirlah, jangan Reaktif. Kalau timbul kesulitan, kecendrungan alami kita adalah panic atau marah, bahkan penuh kebencian. Reaksi seperti itu dikondisikan secara emosional, dan kalau perbuatan seseorang ditentukan dalam kondisi pikiran seperti itu, kemugkinan besar dia akan berbuat secara tidak rasional.

Kita harus mendisiplinkan diri agar tenang dalam berpikir, kita harus mendinginkannya. Karena pikiran tidak dapat berpikir kalau sedang panas, hanya kalau sedang dinginlah pikiran anda akan menghasilkan konsep-konsep Faktual rasional yang akan membawa solusi-solusi. Jadi jangan biarkan diri anda emosi.

Jadilah pemikir “Bagaimana”. Pemikir bagaimana dapat mengatasi berbagai masalah dengan efektif karena ia tahu bahwa Nilai itu selalu sulit secara hakiki. Ia tidak membuang-buang energy dengan berandai-andai melainkan langsung bekerja untuk menindak lanjuti “Bagaimana”Percayalah bahwa anda Bisa, maka anda pasti bisa.

Prinsip dinamis ini telah didemonstrasikan dalamm kehidupan banyak orang percaya sehingga keabsahannya tidak perlu diragukan lagi. Sangat penting untuk percaya bahwa anda bisa, dengan pertolongan Allah SWT, menghadapi dan mengatasi segala masalah. Kata percaya dan bisa terpadu dalam kesatuan perbuatan yang kreatif. Kalau anda percaya anda bisa, maka pasti anda bisa.

2. Berani
Rencana tiga langkah untuk meniadakan rasa takut

Bertekadlah untuk menjadi orang beriman, dalam meniadakan rasa takut, hal yang paling pertama diperbuat adalah mengatakan dengan tekad : Aku tidak mau dimotivasi olah kecemasan dan rasa takut lagi. Aku ingin membuang rasa takut dan cemas dari pikiranku dan tidak lagi didominasi olehnya. Tentu, mengucapkan kalimat tersebut seberapa bertekadpun, bukan otomatis akan membawakan hasil, tetapi kalau anda teguh menguatkannya dan bertekad untuk tekun dalam hasrat serta keputusan anda itu, pasti berhasil.

Hadapilah rasa takut anda satu persatu.ambillah kertas dan tulislah segala hal yang anda takuti. Buatlah daftar yang selengkap dan sejujur mungkin. Lalu pelajarilah dengan seksama daftar tersebut untuk menentukan rasa takut mana yang paling menonjol, yang mungkin muncul setiap harinya dan paling mengganggu anda, putuskanlah untuk menyerang rasa takut itu saja.

Tingkatkanlah Iman anda. Prosedur ketiganya adalah apa yang dapat disebut program dadakan rohaniah, atau metode meningkatkan iman dengan cepat. Dalam pengertian yang terbaik, jelas iman adalah hasil dari proses ruhaniah yang dikembangkan dalam waktu lama. Tetapi karena kita menghadapi masalah praktis berupa rasa takut dan belum memiliki iman untuk menghadapinya, kita perlu membangun iman sekaligus.

3.Antusias

Bagaimana cara mengembangkan antusiasme
Mulailah hari anda dengan benar.
Bacalah Kitab suci Anda.
Cintailah kehidupan dan orang-orang disekitar anda.
Peliharalah tingkat Energi Anda.

4.Damai

Mekanisme Fisik anda peka terhadap apapun yang berkecamuk dalam benak anda. Dan karena kuatir itu berada dalam benak anda, dampaknya dapat menghancurkan seluruh bagian tubuh anda.

Suatu kekuatiran pertama-tama membuat aliran kecil dalam kesadaran kita,jika berulang-ulang aliran kecil itu berubah menjadi saluran ketakutan dan kecemasan. Kalau sudah begini hampir setiap pikiran diwarnai oleh kekuatiran, akibatnya anda menjadi penakut, pencemas. Dengan proses ini, anda telah menciptakan iklim mental dimana kekuatiran tumbuh subur dan akhirnya mengambil alih, mendominasi seluruh pengalaman hidup anda.

5.Percaya diri

Kebanyakan dari kita akan mengakui bahwa ada hal-hal yang perlu diubah dalam kehidupan kita, unsure –unsur yang tidak sesuai dalam kepribadian seringkali berkontribusi pada kegagalan dan ketidak bahagiaan. Mungkin kita punya cirri-ciri yang cenderung menyinggung orang lain dan merusak hubungan pribadi yang baik. Mungkin ada kelemahan-kelemahan tertentu serta ketidak nyamanan yang melanda kita. Dalam keadaan seperti ini pasti anda akan menyambut kabar baik bahwa ada kuasa tersedia untuk mengubah kehidupan anda.

Kuasa yang menakjubkan ini adalah kehidupan Tuhan dalam diri anda. Ini adalah kuasa yang luar biasa, yang kalau difokuskan, menghasilkan perubahan-perubahan spektakuler dalam kehidupan.

6. Berpengharapan : Saya Punya Masa depan.

Anda punya masa depan! Terlepas dari bagaimana perasaan anda tentang prospek anda serta segala hal yang diberitahukan kepada anda oleh para pembawa kabar buruk, sesungguhnya anda punya masa depan.

Seberapa beratpun segalanya, atau seberapa beratpun keadaan anda, atau seberapa kecilpun hati anda, anda punya masa depan.

Terlepas dari seberapa tua, atau letih, atau sakit anda merasa. Anda tetap punya masa depan. Seberapa tidak adilpun anda merasa diperlakukan oleh kehidupan dan keadaan, ingatlah selalu... anda punya masa depan !

Tulisan diambil dari sebuah buku Enam Sikap Pemenang karya Dr. Norman Vincent Peale,

0 komentar: