Minggu, 09 Desember 2012

PROGRAM CSR

PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) 

Perusahaan/Instansi dan lingkungan adalah dua elemen yang tidak dapat dipisahkan. Hubungan resiprokal dibutuhkan agar kedua elemen tersebut dapat berfungsi dengan sebaik-baiknya. Keberadaan perusahaan yg hidup berdampingan dengan lingkungan mewajibkannya untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan agar dapat hidup selaras dan seimbang.Memberikan manfaat kepada lingkungan merupakan wujud tanggung jawab perusahaan. Tanggung jawab tersebut diwujudkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Komitmen Perusahaan terhadap pengembangan wilayah dan masyarakat menjadikan CSR dalam bentuk Community Development (CD) sebagai bagian integral dalam proses menjalankanbisnis.

CSR Perusahaan/Instansi mengintegrasikan operasi bisnis dan nilai-nilai budaya perusahaan ke dalam program-program yang ditujukan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Melalui budaya perusahaan, perusahaan memberikan kontribusi bagi lingkungan sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab yang berlandaskan etika. Kontribusi bertujuan tidak hanya untuk pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar tetapi juga dalam skala yang lebih besar yaitu pembangunan daerah.

Melalui program-program CSR Perusahaan/Instansi terdapat paling tidak empat pihak yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu karyawannya sendiri, masyarakat sekitar lokasi perusahaan, pemerintah pusat dan daerah serta lingkungan fisik di lokasi kegiatan perusahaan.

Wujud kepedulian dan tanggung jawab dibuktikan melalui pelaksanaan program-program Community Development (CD) yang sustainable dan dapat memicu tumbuhnya kemandirian masyarakat. Program CSR merupakan bagian penting, karena tanpa dukungan yang kuat dari masyarakat di sekitar lokasi perusahaan, operasional tidak akan berjalan dengan lancar, intervensi, gangguan, provokasi, blokade dan mungkin demontrasi akan selalu mewarnai kegiatan operasional perusahaan.

Program kemasyarakatan adalah sesuatu dimana perusahaan dapat menunjukkan kepada masyarakat bagaimana seriusnya komitmen perusahaan untuk melaksanakan program. Program CSR yang telah menjadi salah satu competitive advantage bagi perusahaan/Instansi atau Lembaga yangmelaksanakannya.

CSR juga berperan sebagai collaboration tools untuk menjembatani kepentingan perusahaan dengan keinginan masyarakat setempat. CSR harus dapat mengelola resiko yang terjadi serta menangkap peluang-peluang yang terbuka bagi perusahaan. Tidak tepatnya pengelolaan program CSR dapat mengakibatkan resiko bagi operasional bisnis perusahaan, seperti munculnya gugatan dari masyarakat terhadap legalitas ijin beroperasi, hancurnya citra perusahaan, timbulnya pergolakan sosial, dan penurunan moral serta produktivitas karyawan.

Berdasarkan hal tersebut, Perusahaan sebagai pengelola kawasan industri diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kehidupan masyarakat melalui program-program CSRnya. Beberapa kegiatan Program CSR yang bisa dilaksanakan oleh Perusahaan /Instansi antara lain sebagai berikut:

Bidang Pendidikan
Untuk membantu meningkatkan kualitas SDM masyarakat disekitar perusahaan, melalui program seminar dan pelatihan ke sekolah-sekolah untuk para guru, anak didik dan orang tua murid. Untuk itu Lembaga kami MMIH (Master Mind Institut of Hypnotherapy) menawarkan “COMPREHENSIVE PROGRAM EDUCATION SCHOOL Roadshow Seminar, Training dan Workshop GRATIS, Untuk dunia pendidikan di seluruh wilayah di Indonesia terutama disekitar lingkungan industri/perusahaan. Tentunya dengan dukungan para sponsor dan donatur dari masyarakat/instansi/perusahaan-perusahaan yang peduli dengan generasi penerus bangsa dan kemajuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Sementara itu, lembaga kami juga menawarkan program seminar dan pelatihan kewirahusaan gratis yang diberikan kepada siswa-siswi SMK disekitar perusahaan dan juga pelatihan kewirausahaan serta pinjaman modal usaha yang berasal dari dana CSR yang akan kami berikan untuk masyarakat disekitar lingkungan industri/perusahaan/Instansi atau lembaga.

Untuk itu agar Program Peduli pendidikan “COMPREHENSIVE PROGRAM EDUCATION SCHOOL Roadshow Seminar, Training dan Workshop GRATIS, Untuk dunia pendidikan di seluruh wilayah di Indonesia ini serta program seminar dan pelatihan kewirahusaan gratis bisa terlaksana dengan baik. Maka kami berharap dukungan dana dari para sponsor dan para donatur, terutama untuk menyalurkan dana CSR perusahaan/Instansi pada masyarakat diseluruh Indonesia pada umumnya dan khususnya masyarakat disekitar lingkungan industri/perusahaan/Instansi atau Lembaga pemberi dana CSR tersebut.

Bidang Kesehatan 
Di bidang kesehatan, diharapkanPerusahaan/Instansimemberikan bantuan dana untuk pembangunan klinik kesehatan lengkap yang mencakup kesehatan pisik dan mental emosional, Dengan membiayai praktek dokter untuk pengobatan gratis dan membiayai seorang praktisi psikologi atau seorang hypnotherapist untuk terapi mental emosional gratis bagi masyarakat di beberapa kelurahan sekitar Perusahaan/Instansi/lembaga.

Untuk itu kami menawarkan program pembangunan klinik untuk kesehatan jiwa dan raga GRATIS dan program pelatihan “Therapy Hati Pemulihan Jiwa” GRATIS untuk masyarakat kurang mampu (rakyat miskin). Therapi Hati Pemulihan Jiwa (THPJ) adalah sebuah program pelatihan therapy andalan dari Master Mind Institute of Hypnotherapy (MMIH) dan HR Empowering Indonesia. Yang dalam setiap workshop/pelatihannya menggunakan metode yang sangat sederhana untuk mengembalikan hakikat manusia kembali menjadi MANUSIA YANG SEUTUHNYA..

THPJ adalah suatu bentuk terapi yang dilakukan hanya dengan menggunakan komunikasi verbal, TANPA menggunakan obat, herbal, jamu, jarum, pijatan ataupun ilmu energi atau tenaga dalam. karena masalah/keluhan subyek/klien biasanya bersifat sangat pribadi, dan biasanya mereka ingin merahasiakan masalah/keluhan dari siapapun.

Efektifitas THPJ untuk Keluhan atau Penyakit Fisik bisa diukur dengan peralatan analog atau elektronik melalui indikator-indikator medis seperti tekanan darah, level gula darah, kolesterol, ukuran tumor/kanker jenis tertentu, dan lainnya.

Sedangkan untuk Keluhan Emosi atau Penyakit Psikis, Efektifitas THPJ bisa diukur dari perasaan yang di rasakan oleh klien, perilaku klien, ataupun dengan indikator-indikator medis yang berkaitan secara langsung atau tidak langsung dengan emosi seperti tekanan darah dan ketegangan otot.

THPJ di ramu oleh master trainer kami yaitu Bpk Hermawan GS. berdasarkan penggabungan berbagai macam teknik terapi emosi sebagai hasil dari pembelajaran di dalam & luar negeri serta praktek langsung kepada ribuan klien terapi grup ataupun klien terapi individu. Dengan demikian, THPJ yang dilakukan oleh Bpk hermawan GS. menggunakan teknik yang berbeda atau belum tentu sama dengan terapis lain yang mungkin juga menggunakan nama “Terapi Hati” dalam praktek terapi atau training mereka.

THPJ adalah murni bersifat ilmiah, tanpa menggunakan unsur mistik atau klenik. Jadi terapi yang dilakukan sesuai dengan Western Hypnotherapy, sehingga klien tidak perlu cemas karena tidak ada jin atau penggunaan ritual-ritual yang berbau klenik atau magic di dalamnya. Untuk mempermudah dalam proses terapi maka berbagai teknik Neuro Linguistik Programming (NLP) juga digunakan sebagai pendekatan yang efektif selain teknik hypnotherapy. Hypnoterapy sebagai sebuah sarana terapi sangat efektif untuk menghilangkan berbagai hambatan pribadi atau gangguan emosional seperti gangguan kecemasan, gugup, serangan panik, fobia, depresi, malas, sedih, kecanduan/mania, kebiasaan buruk dan lain sebagainya.

Terapi THPJ ini akan diberikan secara masal atau grup. Jadi THPJ ini juga sangat cocok dan diperlukan untuk seluruh karyawan di suatu perusahaan. Selain mengadakan corporate hypnosis training untuk karyawannya, banyak perusahaan di luar negeri mengirimkan karyawannya yang bermasalah untuk diterapi oleh seorang hypnotherapist, keluhannya bisa berupa rendahnya motivasi kerja, stress, depresi, sampai ke penyelesaian masalah pribadi dari rumah yang terbawa ke tempat kerja dan bahkan sering sekali memunculkan perilaku negatif yang merugikan perusahaan.

Menurut penelitian Banyak karyawan bermasalah diperusahaan karena karyawan tersebut mempunyai masalah – masalah dirumah yang tidak terselesaikan dan dibawa sampai ke tempat kerja yang akan berakibat menurunnya produktifitas. Walau sekilas keluhan pribadi tersebut bersifat sangat pribadi, tidak langsung dan tidak penting namun jika berhubungan langsung dengan pekerjaan seperti fobia ketinggian, takut naik pesawat, takut presentasi, insomnia, takut naik lift, dsb. Maka dapat mempengaruhi produktifitas karyawan.

Itu sebabnya, di banyak perusahaan bonafit ataupun multinasional hypnoterapy saat ini sudah dimasukkan dalam program pelatihan seperti hypno motivation, hypnotic selling, hypnosis presentation, bahkan dalam program jaminan pemeliharaan kesehatan emosional karyawan.

Untuk hypnoterapy yang dimasukkan kedalam program pelatihan, waktu pelaksanaannya sebaiknya diprioritaskan pada waktu emas seperti awal proses rekrutmen, promosi karyawan dan baru kemudian pada acara acara lain seperti gathering ataupun refreshing training. Dengan mengenal apa itu hipnosis, prinsip prinsip hipnosis, pola bahasa hipnosis (hypnotic languages patterns), keterampilan hipnotis, dan lain sebagainya. semakin meningkatkan efektiftas komunikasi antar karyawan ataupun dengan pelanggan.

Khusus untuk program jaminan pemeliharaan kesehatan mental emosional, peran klinik hypnoterapy di dalam atau di luar perusahaan hanya sebagai sarana rujukan kesehatan mental emosional yang ditunjuk resmi oleh perusahaan.

Manfaat terapi : 
*Mengubah diri dari pikiran negatif menjadi positif, yang bisa di lakukan secara mudah dan cepat. Membebaskan diri dari penjara emosional akibat konflik internal, pengalaman buruk, persoalan yang tidak selesai, pola asuh dan persepsi yang keliru di masa lalu.

* membuang racun emosi seperti rasa cemas, rasa takut, rasa bersalah, rasa menyesal, rasa malu, rasa bodoh, rasa sedih, rasa sial dan lain sebagainya.

*menghilangkan hambatan pribadi seperti insomnia, panik, takut mati, tidak PD, fobia, trauma, gangguan makan, gangguan seksual, kebiasaan buruk, psikosomatis dan lain-lain.

*Menemukan jati diri dan mengaktifkan potensi diri, sehingga merasa BAHAGIA dan mudah meraih SESUATU yang di inginkan.

Hasil penelitian menunjukkan Hypnotherapy TERBUKTI EFEKTIF dalam menangani masalah-masalah Psikologis/Mental Emosional sekitar 90% ,daripada pendekatan Psikoterapi lainnya. Hypnotherapy adalah suatu seni dalam melakukan Restrukturisasi Pikiran Bawah Sadar agar memiliki habit/kebiasaan baru yang POSITIF, PRODUKTIF dan EFEKTIF untuk mendapatkan Perubahan hidup yang lebih SEHAT secara FISIK dan MENTAL EMOSIONAL.

Selain training/workshop kami juga memberikan sesi terapi mental & counseling untuk mengatasi berbagai problem karyawan dan problem masyarakat umum.

Jika ada yang ingin terapi secara pribadi / terapi individu bisa juga datang ke Tempat Praktek Kami “klinik MMCH” (Master Mind Clinic Hypnotherapy) Lokasi praktek (Klinik) dan Training / Pelatihan ada di Jln. Raya Sultan Hasanudin No 120A. Lantai 2, Ruko depan sekolah YAPINK Putra. Samping Klinik Gigi. Tambun – Bekasi, Jabar. Untuk konsultasi dan appointment bisa melalui email atau telepon silahkan dengan Bunda Keisha Hypnotherapist kirim email ke : bundakeisha49@yahoo.com.

Pengorganisasian program sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility) sudah menjadi tren baru yang berkembang dalam praktek operasi perusahaan di Indonesia. Dan lembaga kami siap membantu perusahaan/instansi yang ingin menyalurkan dana CSR kemasyarakat.

Tujuannya agar kegiatan CSR dapat lebih optimal dan terprogram dengan target sasaran yang lebih jelas. Dengan begitu, CSR tidak sekedar memberikan dana atau materi kepada masyarakat kurang mampu sebagai obyek sasaran.

Namun, merupakan program berkelanjutan dan terukur dalam upaya ikut berpartisipasi melakukan pemberdayaan masyarakat binaan dari sisi ekonomi maupun bidang lain yang memungkinkan masyarakat ikut terangkat harkat dan martabatnya.

Lembaga kami telah banyak bekerja sama dengan perusahaan, baik swasta maupun BUMN membantu perusahaan besar mengelola dana CSR mereka, untuk menyalurkan dana melalui program seminar dan pelatihan untuk lembaga pendidikan, lembaga kesehatan dan kewirahusaan, rencana kedepannya lembaga kami ingin menyalurkan dana bergulir ke beberapa usaha ekonomi mikro.

“Selain menyalurkan dana untuk usaha mikro kedalam bentuk program Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat. Lembaga kami juga ingin menyalurkan dana CSR tersebut untuk pembangunan klinik kesehatan baik pisik maupun kesehatan mental emosional untuk masyarakat kurang mampu, serta pelatihan bagi guru, murid, dan orang tua murid.

Di tataran internal perusahaan, kepedulian perusahaan yang ditunjukkan dalam kegiatan-kegiatan CSR ini akan membawa energi positif, yakni pada peningkatan loyalitas para karyawan terhadap perusahaan. Lembaga kami siap melakukan kerjasama pengembangan program CSR perusahaan anda.

Untuk informasi kerjasama pengelolaan dan penyaluran dana CSR silahkan hubungi kami di 
No Tlp : 0813-11408955.











0 komentar: