Selasa, 18 Februari 2014

TERAPI PEMULIHAN DAN REHABILITASI PECANDU NARKOBA DENGAN HYPNOTHERAPY



TERAPI PEMULIHAN DAN REHABILITASI PECANDU NARKOBA DENGAN HYPNOTHERAPY
Saat ini penyebaran narkoba sudah hampir merata dan sulit untuk bisa dicegah. Akses untuk mendapat narkoba dengan berbagai jenisnya begitu mudah didapat dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dari mulai diskotik, hotel, tempat kos hingga sekolahpun para bandar narkoba dengan gencar mencari mangsa. Tentu saja hal ini membuat prihatin baik para orang tua, kalangan pendidik, tokoh agama, pemerintah maupun ormas di negeri ini. Apa jadinya bangsa ini kalau generasi penerusnya dirusak dan diracuni yang pada ujungnya membuat mereka jatuh ke dalam jurang kebinasaan yang sia-sia.
Upaya pemberantasan narkoba sudah begitu gencar dilakukan melalui berbagai media, namun penyebaran barang haram ini justru semakin menjadi-jadi, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus di dalamnya. Hingga pada sebuah kesimpulan, bahwa upaya paling efektif untuk menangkal bahaya narkoba adalah melalui lingkungan sekitar, terutama orang tua dan para pendidik. Para Orang tua dan guru diharapkan dapat menjadi benteng terdepan dalam menghadapi dan mencegah penyebaran narkoba yang semakin hari semakin tidak terkendali.
Ada beberapa sebab yang menjadikan seseorang  terjerumus ke dalam jurang narkoba, diantaranya adalah:
Pertama, adalah orang-orang yang memiliki masalah dari lingkungan sekitarnya baik keluarga maupun kerabat sehingga mereka mencari jalan keluar dengan menjadi pemakai narkoba. Mereka beranggapan bahwa narkoba bisa menjadi tempat pelarian sekaligus solusi dari beban masalahnya.
Kedua, mereka yang memakai narkoba hanya sebatas coba-coba sehingga lama kelamaan menjadi pecandu. Awalnya bisa jadi hanya karena demi teman atau agar dianggap “gaul” hingga pada akhirnya tidak bisa melepaskan diri dari ketergantungan narkoba.
Ketiga, mereka yang menjadikan narkoba sebagai “life style” yang membuat mereka merasa berbeda dari kalangan umumnya. Biasanya mereka ini para artis atau public figure yang banyak digandrungi, khususnya kawula muda di negeri ini.
Dan masih ada penyebab lain yang pada umumnya kalau ditelusuri akan bermuara pada ketidak pedulian lingkungan sekitar terutama dari keluarga. Ketidak pedulian ini bisa jadi dari ketidak adanya benteng yang kuat yang seharusnya sudah tertanam sejak kecil maupun tidak adanya pemahaman untuk mengetahui sejak awal  kecenderungan seseorang yang mulai terlibat narkoba maupun cara pencegahannya.
Lebih jauh lagi bisa jadi faktor terbesar yang menjadikan seseorang terlibat narkoba adalah komunikasi yang kurang baik di dalam keluarga. Banyak dijumpai mereka yang terlibat narkoba bukan dari keluarga yang “broken home”, tetapi justru berasal dari keluarga yang baik-baik saja.
Bisa jadi ini disebabkan oleh tidak adanya kekompakan orang tua dalam mendidik anaknya, sehingga sang anak menjadi bingung kemudian memutuskan mencari jalan keluar sendiri. Juga bisa jadi karena komunikasi yang tidak baik antara orang tua dan anak.
Banyak diantara orang tua yang ketika berbicara kepada anak-anaknya persis seperti ketika berbicara kepada bawahan di kantornya, atau barang kali ada juga orang tua yang tidak peduli apakah pesan yang disampaikan kepada anaknya telah sampai atau malah sebaliknya. Padahal sebuah pesan atau nasehat itu tidak hanya tergantung baik atau buruknya tetapi faktor bagaimana cara pesan itu disampaikan juga sangat penting untuk diperhatikan.
PERAN AGAMA (ISLAM) BAGI PENYELESAIAN MASALAH NARKOBA
Islam adalah agama yang mengajak kepada umatnya agar selalu menjaga diri maupun keluarga agar tidak terjerumus kepada perbuatan sia-sia dan merugikan diri sendiri. Untuk itu Islam telah menawarkan solusi bagi siapapun yang menginginkan kehidupan yang penuh dengan kedamaian dan kebahagiaan. Kehidupan yang penuh dengan aktifitas yang bermanfaat yang jauh dari hal yang sia-sia dan merusak.
Di dalam Al Qur'an, Allah berfirman ; "Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik." (Al Baqarah ayat 195)
Islam melarang keras siapapun yang melakukan perbuatan yang berdampak pada kerusakan, baik bagi sendiri maupun kepada lingkungan sekitar. Sebagai contoh, minuman keras diharamkan dalam Islam dikarenakan menimbulkan dampak merusak yang luar biasa baik kepada diri maupun orang lain. Demikian halnya dengan narkoba, narkoba adalah perbuatan yang merusak tubuh dan menimbulkan dampak yang luar biasa buruk bagi generasi manusia. Narkoba dikategorikan Islam sebagai perbuatan yang membawa dampak bagi kematian diri sehingga jelas-jelas diharamkan dan digolongkan sebagai perbuatan setan.
Lantas, bagaimana memadukan antara hypnotherapy dan Islam sebagai solusi bagi penanganan penderita narkoba ?
Dalam Islam, pendidikan anak memegang peranan yang sangat penting, termasuk tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan dan perilaku anak-anaknya yang akan dipertanggung jawabkan kelak di hadapan Tuhannya. Orang tua dituntut untuk sejak dini menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang bersumber dari agama agar anak memiliki bekal yang memadai. Disinilah peran hypnotherapy, dimana teknik penyampaian pesan-pesan moral ini harus mengena, mudah dan efektif.
Hypnotherapy bisa menjadi jembatan bagi orang tua maupun para pendidik dalam menyampaikan pesan-pesan moral dan etika agar para siswa mau menerima pesan tersebut dengan senang hati (tidak dipaksa) sehingga muncul kesadaran dari dalam diri mereka. Kombinasi antara hypnotherapy dan nilai-nilai moral agama ini ibarat  proses saat memasukkan obat ke dalam tubuh, hypnotherapy adalah jarum suntiknya, sementara isinya (obatnya) adalah nilai-nilai moral agama. 
Demikian halnya dalam penanganan ketergantungan narkoba, hypnotherapy berperan sebagai pintu masuk untuk memasukkan pesan-pesan moral agama yang sangat efektif, sehingga dapat dipastikan mereka tidak akan berpikir untuk kembali mengulang kesalahan yang dilakukannya.
Pada umumnya, mayoritas orang yang terjerumus narkoba adalah mereka yang tidak memahami eksistensi dirinya, terlebih lagi tujuan dari kehidupannya. Mereka berharap melalui narkoba akan mendapatkan kedamaian, ketenangan dan kesenangan dalam hidup. Ketidak adanya pengetahuan yang memadai, mengakibatkan perilaku menyimpang ini semakin jauh meninggalkan mereka dari kehidupan keluarga yang seharusnya penuh dengan kebahagiaan dan kedamaian. Mereka adalah orang-orang yang perlu pertolongan agar mampu menemukan nilai dasar dan tujuan utama mereka. Untuk itu, Islam menawarkan sebuah konsep kehidupan yang jelas yang akan membimbing siapa saja agar mereka mampu melalui segala tantangan hidup dengan tetap memegang prinsip yang telah digengamnya.
HYPNOTHERAPY SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF TERAPI PEMULIHAN DAN REHABILITASI PARA PECANDU NARKOBA
Hypnotherapy pada dasarnya adalah teknik bagaimana cara berkomunikasi yang baik yang persuasif, sugestif dan efektif. Persuasif adalah bersifat mengajak, sugestif adalah bersifat memberi saran sedangkan efektif adalah menimbulkan efek yang diinginkan. Dalam hal ini komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang mencakup segala aspek, baik dari sisi si pemberi pesan maupun yang menerima pesan. Melalui hypnotherapy, seseorang akan memahami bagaimana komunikasi yang tepat, kapan pesan bisa disampaikan dan apa saja yang harus dilakukan sebelum menyampaikan pesan.
Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam hypnotherapy adalah :
-    Faktor lingkungan dan latar belakang
-    Faktor psikologis
-    Faktor pendidikan
Di dalam hypnotherapy, komunikasi yang dibangun lebih mengarah ke bawah sadar (sub concious) manusia, dikarenakan hampir 88% perilaku manusia dipengaruhi oleh sub conciousnya. Sub concius atau pikiran bawah sadar didominasi emosi, citra dan rasa atau perasaan. Maka dari itu, dalam hypnotherapy komunikasi yang dikedepankan adalah komunikasi yang dapat menyentuh emosi dan perasaan, sehingga menimbulkan efek dan hasil yang lebih maksimal.
Disamping itu hypnotherapy yang tentunya sebagai sebuah metode untuk mengatasi permasalahan juga berperan sebagai sebuah jembatan yang efektif antara si pemberi pesan dan penerima pesan. Dalam hypnotherapy kita dapat belajar bagaimana menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan diterima lawan bicara, selain itu kita juga dapat belajar untuk menghindari kata-kata yang berpotensi menimbulkan penolakan dari lawan bicara.

Ketika telah memahami hypnotherapy, kita diajari untuk bersikap lebih bijak dalam memahami masalah yang berujung pada memahami cara yang jitu untuk menggali akar masalah yang sebenarnya, untuk bersama-sama mencari jalan keluarnya.

Terkait dengan narkoba, hypnotherapy dapat berperan ganda, baik sebagai sarana untuk pencegahan maupun sebagai bagian dari solusi untuk mencari jalan keluar penyelesaian masalah. Lantas, dimana peran hypnotherapy bagi pencegahan ketergantungan narkoba? Seperti yang telah diuraikan diatas, peran keluarga sangat menentukan dalam penanganan narkoba. Para orang tua melalui hypnotherapy akan memahami bagaimana berkomunikasi yang baik kepada anak-anaknya sehingga timbul kedekatan baik secara fisik maupun emosi yang akan membuat sang anak merasa nyaman berada di rumah di dekat orang tuanya. Hypnotherapy memiliki berbagai teknik komunikasi yang sangat luar biasa yang dapat menembus berbagai rintangan sehingga siapapun tidak akan kuasa menolak pesan yang akan disampaikan.
Dalam hypnotherapy, pilihan seseorang dengan menggunakan narkoba tidak akan digugat apalagi dipersalahkan. Akan tetapi seseorang akan dibimbing untuk menemukan nilai atau tujuan utama yang sebenarnya ia inginkan. Dalam artian, sebenarnya orang yang menggunakan narkoba mereka tidak bersalah dalam niatan awalnya, karena mereka biasanya jatuh ke dalam narkoba karena ingin mencari ketenangan atau kesenangan, tetapi cara yang mereka tempuh adalah tidak benar. Karena itu mereka harus dibimbing dengan tepat agar mereka mampu menemukan ketenangan yang sebenarnya.
Kecanduan itu seperti benang ruwet yang sulit diuraikan. Seorang yang kecanduan pun sering merasa tidak mungkin bisa lepas dari kecanduannya.

Syarat agar hipnoterapi bisa menghilangkan kecanduan dengan permanen adalah orang yang bersangkutan harus punya keinginan untuk berubah.

Bukan masalah apabila seorang pecandu narkoba merasa tidak berdaya menghentikan kecanduannya. Cukup bermodal keinginan kuat untuk berubah dan juga harus punya harapan akan berhasil dengan hypnoterapy, maka kami sangat yakin bisa membantu seorang pecandu narkoba menghilangkan kecanduan yang cukup berat dalam 1 s/d 10 kali terapi saja. (setiap penderita berbeda) tergantung tingkat keyakinan mereka dan kemauanya untuk sembuh.
Pengalaman sebagai hypnotherapist membuat kami sangat memahami perilaku kecanduan. Kecanduan bukanlah penyakit. Kecanduan hanyalah pola perilaku yang berawal dari kebiasaan yang sudah tertanam kuat di pikiran bawah sadar. Kami percaya, bahwa satu-satunya sebab kecanduan adalah pengondisian. Seorang bayi lahir di dunia tanpa kecanduan apapun.  seseorang kecanduan sesuatu karena seseorang itu membiasakan diri dengan sesuatu tersebut, baik secara sadar maupun tidak sadar.
Apapun jenisnya, perilaku kecanduan punya karakteristik tertentu, diantaranya:
  • Pecandu selalu ingin mengkonsumsi atau melakukannya lagi dan lagi, meskipun tahu hal itu tidak berguna, merugikan diri sendiri, atau berbahaya.
  • Menimbulkan perasaan kurang nyaman, cemas, gelisah, marah, murung, jengkel apabila pecandu tidak bisa mengkonsumsi atau melakukan kecanduannya.
  • Pecandu menjadikan objek kecanduannya sebagai objek pelarian ketika ia mengalami emosi negatif seperti marah, kecewa, sedih, gagal, dsb.
  • Pecandu umumnya pernah mencoba untuk menghentikan kecanduannya, tetapi karena tidak berhasil atau merasa tidak mungkin bisa berhenti, akhirnya pecandu menerima kecanduan itu sebagai bagian dari dirinya.
  • Kecanduan dan kebiasaan buruk akan semakin parah apabila kecanduan atau kebiasaan buruk itu dilakukan semakin lama, semakin banyak diulang-ulang, dan semakin kuat lingkungan mendukungnya.
Kecanduan bisa merupakan masalah biologis maupun psikologis. Misalnya kecanduan mengkonsumsi obat bius, kokain, morfin, ganja dan jenis narkoba lain adalah kecanduan yang merupakan kombinasi antara kecanduan secara biologis dan psikologis. Dalam kasus kecanduan narkoba, secara pribadi kami lebih meyakini bahwa yang lebih kuat pengaruhnya adalah dorongan dari pikiran bawah sadar untuk terus mengkonsumsi narkoba, dibanding dengan kebutuhan tubuh terhadap zat kimia dalam narkoba.
Oleh karena itu, upaya penyembuhan kecanduan narkoba dengan obat-obatan sering kali mengalami kegagalan. Banyak penderita yang sudah sembuh namun suatu saat kambuh dan kecanduan lagi. Kambuhnya pecandu narkoba bukan karena tubuhnya secara biologis membutuhkan zat yang terkandung dalam narkoba, melainkan karena pengaruh psikologis, baik dari dalam diri sendiri (sebagai pelampiasan emosi negatif, dorongan pikiran bawah sadar), atau ketidakmampuan menolak ajakan dari teman yg masih menggunakan narkoba.
Gagalnya usaha untuk menyembuhkan kecanduan sering kali menimbulkan keputusasaan baik pada diri pecandu maupun keluarganya. Sedangkan kecanduan belanja, berjudi, game, dan internet merupakan kecanduan psikologis yang murni disebabkan pengondisian, pengaruh lingkungan atau karena terbiasa melakukan sesuatu berulang-ulang. Kecanduan rokok, minuman keras (alcoholic), mengunyah permen karet, kecanduan minuman cola atau bersoda, dan kecanduan makanan atau minuman lainnya sebenarnya juga merupakan kecanduan yang bersifat psikologis.
Zat kimia yang terkandung dalam rokok, minuman keras, permen, cola atau soda mungkin memang punya pengaruh adiktif, tapi pengaruhnya terhadap tubuh sangat-sangat kecil. Seandainya suatu saat pecandu tidak bisa mengkonsumsi makanan atau minuman itu dalam waktu yang lama, maka hanya menimbulkan gejala emosi seperti gelisah, rasa kurang nyaman, atau emosi – emosi negatif yang lain, tapi sama sekali tidak membahayakan fisik. Berbeda dengan pecandu narkoba yang bisa mati atau minimal sangat menderita secara fisik apabila tidak mendapatkan zat adiktif yang dibutuhkan tubuh.
Beberapa kecanduan dan kebiasaan buruk yang sangat bisa dihentikan dengan hypnoterapy dalam waktu cepat antara lain:
  • Kecanduan Narkoba, apapun jenisnya. Bisa sembuh total asalkan pecandu benar-benar ingin menghilangkan kecanduannya.
  • Kecanduan Alkohol - Alcoholic sering disebabkan karena masalah emosi yang tidak terselesaikan, kecemasan, rasa takut, stress, depresi dsb. Agar seseorang bisa sembuh dari kecanduan alkohol dan tidak kambuh lagi, maka perlu diselesaikan akar masalahnya.
  • Kecanduan Obat Sakit Kepala, Obat Tidur, Obat Penenang atau obat-obatan lainnya Setelah kami menangani klien yang kecanduan obat sakit kepala, kami baru membuktikan sendiri bahwa apa yang tertulis dalam buku-buku hipnoterapi bahwa kecanduan obat-obatan sering disebabkan oleh depresi, kecemasan, stress dan emosi negatif lainnya. Gejala sakit kepala yang sering kambuh merupakan psikosomatis, dan obat sakit kepala hanya menghilangkan sakit sementara.
  • Ketagihan Belanja (shopaholic) - Dulu sebelum membuka praktek hipnoterapi, kami sama sekali tidak menyangka bahwa orang yang mengalami kecanduan belanja di Indonesia sangat banyak, terutama wanita dari kalangan ekonomi menengah ke atas.
  • Kecanduan Porno, Gambar Porno, Video Porno, Cerita Seks, Film Porno - Pikiran selalu tentang seks atau secara otomatis segala sesuatu dihubungkan dengan seks. Pecandu porno sangat besar jumlahnya, mungkin sebanding dengan jumlah pecandu rokok. Menurut para pakar internet, top ranking keyword atau kata kunci yang paling sering dicari di internet selalu adalah kata-kata bernuansa porno atau seks. Hal ini membuktikan banyaknya pecandu porno yang mencari kepuasan diri melalui internet.
  • Kecanduan Seks Bebas - Mencintai pasangan resmi, ingin setia, sayang pada keluarga, tapi disisi lain selalu tergoda untuk melakukan seks dengan orang lain, teman, orang yang baru dikenal, dan pelacur, atau ingin lepas dari pria/wanita selingkuhan anda. Hypnotherapy bisa menghapus rasa terikat dan ketergantungan terhadap seseorang dalam waktu cepat.
  • Kecanduan Gossip - Tahu bahwa menggosip tidak ada gunanya, tapi tidak mampu menghentikannya. Selalu ingin tahu gosip-gosip selebritis, seolah-olah gosip selebritis adalah informasi yang sangat penting.
  • Kecanduan Menonton Televisi, menonton sinetron, menonton berita kriminal, atau acara lainnya sampai-sampai mengabaikan pekerjaan yang lebih penting.
  • Kecanduan Makanan Ringan, Kacang, Kerupuk, Wafer, Keripik Kentang, atau makanan ringan lainnya. Kecanduan ini memang tidak terlalu berbahaya, tapi merupakan salah satu penyebab kegemukan.
  • Kecanduan Coklat - Kecanduan terhadap produk olahan berbahan dasar coklat, misalnya eskrim coklat, wafer coklat, dan kue coklat, juga menyebabkan obesitas.
  • Kecanduan Minuman Ringan - Kopi, teh, soda, cola, sirup merek tertentu. Dalam kondisi sehat dan selama mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar, maka tidak ada masalah serius walaupun Anda kecanduan minuman ringan tertentu. Masalah terjadi apabila Anda menderita diabetes (kencing manis) dan diharuskan untuk mengurangi konsumsi gula, termasuk yang terkandung dalam minuman ringan.
  • Kecanduan Gula, permen atau makanan dan minuman yang manis - Sangat berbahaya karena selain menyebabkan kegemukan, juga memicu kencing manis.
  • Kecanduan Teknologi - Selalu ingin membeli atau mengetahui produk-produk teknologi terbaru, semisal Laptop dan Hand Phone. Menghabiskan banyak uang untuk membeli produk berteknologi terbaru yang sebenarnya kurang bermanfaat. Apabila pecandu teknologi adalah orang yang tidak punya uang untuk membeli, maka dia selalu mencari informasi dan mengamati perkembangan teknologi melalui internet atau majalah. Hilangkan kecanduan anda, maka anda bisa menabung lebih banyak..!
  • Kecanduan Komputer, Internet, Game, Chating - Biasanya penderita kecanduan jenis ini merasa "lebih hidup" apabila bermain dengan komputer atau internet, akan tetapi kemampuannya bergaul dalam masyarakat (kehidupan nyata) sangat kurang. Yang lebih parah, ada yang sampai anti-sosial, tidak peduli dengan orang lain, atau malah tidak percaya diri ketika harus bergaul dengan manusia sesungguhnya.
  • Kecanduan Judi  - Apakah Anda merasa sangat sulit berhenti berjudi meskipun selalu kalah dalam berjudi? Kalah penasaran, menang ketagihan? Selalu "terpanggil" untuk berjudi ketika memegang uang, meskipun bukan uangnya sendiri. Rela berbohong, berhutang, menjual barang-barang berharga milik keluarga untuk berjudi.
  • Kecanduan Kerja (workaholic)  - Bekerja terlalu keras dan tak kenal waktu, terobsesi dengan hasil yang lebih besar, takut menjadi miskin, tidak merasakan puas ketika mendapatkan uang, tidak bisa berhenti memikirkan masalah pekerjaan, mengabaikan keluarga dan kehidupan sosial, selalu mementingkan pekerjaan padahal penghasilannya sudah cukup besar meskipun dirinya bekerja biasa-biasa saja.
  • Kecanduan Baca Novel, cerita seks, baca komik, dan bahan bacaan lainnya yang menimbulkan imajinasi. Menarik diri dari kehidupan sosial, tidak punya kehidupan sosial, sedikit teman, dan lebih menikmati "hidup dalam dunia cerita dan imajinasi".
Daftar kecanduan yang bisa diselesaikan dengan hypnotherapy tentu saja tidak terbatas. Hampir semua jenis kecanduan bisa dihilangkan dengan hypnotherapy asalkan yang bersangkutan benar-benar ingin berubah.

Catatan Untuk Kecanduan Narkoba
Untuk pecandu narkoba yang masih tergantung secara biologis terhadap zat adiktif tertentu, sebaiknya mengikuti hipnoterapi dibawah pengawasan dokter. Meskipun dengan pemrograman pikiran kami bisa membuat pecandu narkoba menjadi sama sekali tidak ingin dan tidak mau mengkonsumsi narkoba lagi dalam beberapa terapi, namun menghentikan konsumsi narkoba secara mendadak mungkin bisa menyebabkan hal-hal yang tidak di inginkan. Sebaiknya didiskusikan dengan dokter yang menangani dan merawat mereka selama ini, apakah lebih baik hypnotherapy untuk membuat seorang pecandu itu sedikit demi sedikit meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi narkoba, atau di buat seketika berhenti untuk tidak mengkonsumsi narkoba lagi.

Sekali lagi, apapun jenis kecanduan yang seseorang alami, hanya bisa berubah total dengan hipnoterapi apabila seseorang itu sendiri yang ingin berubah. Apabila keputusan untuk menghilangkan kecanduan atau kebiasaan buruk berasal dari bujukan, paksaan, atau tekanan orang lain, maka kemungkinan berhasil akan lebih kecil atau butuh waktu lebih lama. Kalaupun sudah sembuh, kemungkinan kambuh lagi cukup besar.

SESI TERAPI KELOMPOK / GROUP THERAPY
Apa itu terapi kelompok? Terapi kelompok adalah jenis terapi yang terdiri dari 10 orang atau lebih yang mempunyai permasalahan yang sama, serupa atau hampir sama. Dalam terapi jenis ini seseorang akan merasa lebih semangat dan percaya diri karena merasa tidak sendirian dalam proses penyembuhan atau perubahan, terapi kelompok juga memberikan keuntungan bagi sesorang yang memiliki kendala atau masalah dengan biaya untuk sebuah sesi terapi one on one atau sesi terapi pribadi.
Apa keuntungan dari terapi kelompok?
  1. Jauh lebih murah dari pada sesi terapi pribadi atau sesi private.
  2. Lebih dinamis karena peserta terapi bisa melihat peserta lain juga berubah di depan mata mereka.
  3. Peserta dapat mengatur atau memilih kelompok terapinya, seperti dengan teman-temanya sendiri, atau dengan anggota keluarganya sendiri, atau dengan rekan-rekan kerjanya sendiri.
  4. Sistem dukungan dalam kelompok, masing-masing peserta akan merasa atau menyadari, bahwa dia tidak sendiri karena melihat sendiri, banyak orang yang memiliki masalah atau persoalan yang sama atau serupa.
BERAPA BANYAK SESI TERAPI YANG DI BUTUHKAN ?
Ada beberapa permasalahan dimana sesi terapi pribadi akan lebih cocok dan tepat untuk seseorang, jika ada yang menginginkan permasalahannya (permasalahan yang sangat pribadi) tidak di ketahui oleh orang lain selain terapistnya karena mungkin sesorang tsb ingin tetap menjadi rahasia dirinya maka, seseorang itu perlu mendaftarkan dirinya untuk mengambil sesi terapi secara pribadi one on one hanya dengan terapistnya. Untuk alasan inilah beberapa orang memutuskan mengkombinasikan sesi terapi pribadi mereka dengan sesi terapi kelompok untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka.
Karena setiap sesi terapi bisa berlanjut untuk meningkatkan sesi terapi berikutnya, dengan tambahan biaya administrasinya lebih ringan, sesorang yang telah menjadi klien terapi kami dapat memutuskan untuk mengulangi / menjalani atau tiadak untuk sesi terapi berikutnya / lanjutannya. Apapun permasalahan, apapun jenis terapi yang di pilih, kelompok ataupun pribadi, penting untuk di ketahui bahwa program terapi kami di rancang untuk memberikan hasil yang cepat dan bisa permanen asal aturan dan ajurannya di jalankan dengan benar.
Biaya Registrasi, Konsultasi dan hipnoterapi secara pribadi one on one dengan master terapist di klinik kami : Hanya Rp. 2.000.000,- saja, untuk 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama sesi konsultasi durasi 1 sampai dengan 2 jam, dengan membawa hasil diagnosa psikolog, psikiater atau dokter (jika ada) akan sangat membantu.  Setelah konsultasi bisa lanjut ke sesi hypnotherapy atau bisa juga di lakukan pada  pertemuan ke 2 di jadwal berikutnya sesuai kesepakatan dengan klien.
Sesi terapi / Hipnoterapi : kurang lebih 2 sampai dengan 3 jam per sesi terapi atau per sekali pertemuan di klinik kami.
Untuk menjamin kedatangan serta jadwal terapi klien, maka semua biaya hipnotherapi yang telah disepakati yaitu 2 juta rupiah untuk 2 kali pertemuan ( konsultasi, konseling dan 1 kali sesi hipnoterapi) dibayarkan diawal sebelum janji bertemu dengan master terapist di klinik kami dengan cara transfer ke no rekening Bank BCA 343-000-2600 atas nama Hermawan Gatot suhendro dan jika diperlukan harga therapy bisa kami paket-kan dimana harga paket ditentukan berdasarkan tingkat kesulitan setelah konsultasi dan konseling (harga paket sudah termasuk konsultasi dan konseling) dan dibayar diawal atau sesuai kesepakatan.
Biaya terapi pribadi one on one untuk klien yang nggak bisa datang ke klinik kami, Hanya Rp. 2000.000,- saja, untuk 1 kali pertemuan / kunjungan (durasi waktu kurang lebih 2 sampai dengan 3 jam). Biaya tersebut belum termasuk biaya akomodasi dan transportasi Rp 500.000 untuk daerah JABODETABEK, di luar kota atau di daerah Rp 1.000.000,- dan untuk di luar kota atau di daerah dan luar pulau Jawa di tambah tiket pesawat pulang pergi untuk 2 orang.
Biaya terapi kelompok yang nggak bisa datang ke klinik kami Hanya Rp. 1.000.000,- saja, per orang minimal 10 orang untuk 1 kali pertemuan / kunjungan (durasi waktu 8 jam atau full day). Biaya tersebut belum termasuk biaya akomodasi dan transportasi Rp 500.000 untuk daerah JABODETABEK, di luar kota atau di daerah Rp 1.000.000,- dan untuk di luar kota atau di daerah dan luar pulau Jawa di tambah tiket pesawat pulang pergi untuk 2 orang dan 1 kamar hotel jika harus menginap.
WAKTU & TEMPAT
Waktu dan tempat terapi ditentukan oleh pihak penyelenggara setelah sudah ada kesepakatan dengan pihak penyelenggara. Terapi ini dapat dilakukan di Hotel, Hall/Auditorium, Kantor lokasi lain sesuai dengan ketersediaan dan kesepakatan dengan pihak penyelenggara.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :
Bunda Keisha
Telp                : 021-33203678, 0813 11408955
Fax                  : 021-88374922
Email             : bundakeisha49@yahoo.com
PIN BB           : 294F204D

Bpk Hermawan G.S bisa di hubungi di :
Telp                : 0813 15957077
Website         : www.mastermind-institute.com.
Facebook      : Hermawan GS Mindset Provokator
Email              : mindsetprovokator@yahoo.co.id.
PIN BB           : 2A91F996

Biaya Training / DP Training dapat ditransfer ke rekening:
BCA Cab. Cikarang. A/C : 343.000.2600.
Atas Nama : Hermawan Gatot Suhendro

Silahkan kunjungi kami di :

“Mengingat padatnya jadwal Seminar, Training / Workshop / Group Terapi dari Lembaga kami, mohon untuk pesan jadwal minimum 30 hari sebelumnya.”


Reaksi:

0 komentar: